Deprecated: mysql_connect(): The mysql extension is deprecated and will be removed in the future: use mysqli or PDO instead in /home/distanak/public_html/config/koneksi.php on line 12
Peningkatan Kewaspadaan dan Antisipasi serta Prakiraan Awal Musim Kemarau 2014
Selasa, 10 Juni 2014 - 12:07:38 WIB
Peningkatan Kewaspadaan dan Antisipasi serta Prakiraan Awal Musim Kemarau 2014
Diposting oleh : Tanaman Pangan
Kategori: Data Bidang Tanaman Pangan - Dibaca: 670 kali

Memperhatikan surat dari Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian, Nomor : 341/PD.120/C/04/2014, Perihal Peningkatan Kewaspadaan dan Antisipasi serta Prakiraan Awal Musim Kemarau 2014 yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika maka kami informasikan bahwa prakiraan Musim Kemarau (MK) 2014 di Wilayah Provinsi Banten dengan sifat hujan yaitu Normal (N) dalam upaya pengawalan pertanaman padi pada MK 2014 dari serangan OPT dan kekeringan.

Berdasarkan informasi tersebut, dapat disampaikan hal-hal sebagai berikut :

1.        Kondisi iklim pada awal musim kemarau 2014 diprakirakan dipengaruhi oleh kondisi El-Nino lemah sehingga sebagian besar Provinsi Banten memiliki sifat hujan Normal, seperti :

a.       Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak bagian barat diprakirakan awal Musim Kemarau antara Mei II – Juni II dengan sifat hujan Normal.

b.      Daerah Pandeglang bagian utara dan Serang bagian barat daya diprakirakan awal Musim Kemarau antara Mei II – Juni II dengan sifat hujan Normal.

c.       Daerah Serang bagian selatan, Pandeglang bagian timur laut dan Lebak bagian utara diprakirakan awal Musim Kemarau antara Juni I – Juni III dengan sifat hujan Normal.

d.      Kota Cilegon, Kota Serang, Kabupaten Serang bagian timur, Tangerang bagian tengah dan Kota Tangerang diprakirakan awal Musim Kemarau antara April I – April III dengan sifat hujan Normal.

e.       Kabupaten Serang bagian timur laut dan Kabupaten Tangerang bagian utara diprakirakan awal Musim Kemarau antara Maret II – April I dengan sifat hujan Normal.

2.      Awal Musim Kemarau Tahun 2014 di beberapa wilayah Provinsi Banten yaitu terjadi pada Bulan Maret

3.  Dalam rangka pengamanan pencapaian sasaran produksi tanaman pangan, kami sampaikan beberapa langkah yang perlu dilakukan, seperti :

a.       Menyebarluaskan informasi prakiraan iklim MK 2014 untuk digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan budidaya tanaman secara spesifik lokasi.

b.      Pada daerah-daerah rawan kekeringan dan endemis OPT perlu dilakukan pengawalan yang intensif dalam upaya mengantisipasi terjadinya peningkatan luas kerusakan tanaman akibat kekeringan dan serangan OPT (Penggerek Batang Padi, Wereng Batang Coklat, Kresek/BLB, Blas dan Tikus).

c.       Melakukan perencanaan budidaya pertanaman dengan baik, sesuai iklim dan kondisi setempat, dimulai dari pemilihan komoditi, varietas tahan kering, waktu tanam, pola tanam, teknik bercocok tanam maupun penanganan pasca panennya (menggunakan kalender tanam terpadu sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam bercocok tanam melalui website www.katamlitbang.deptan.go.id).

d.      Melakukan perencanaan dan penyiapan sarana produksi yang diperlukan pada MK 2014 secara optimal sesuai rekomendasi petugas lapangan.

e.       Meningkatkan pengamatan (deteksi) terhadap kemungkinan timbulnya OPT dan apabila menemukan spot sumber serangan OPT, segera dilakukan pengendalian OPT sedini mungkin (gerakan spot-stop), agar kehilangan hasil produksi dapat diminimalisir.

f.       Memanfaatkan lampu perangkap (light trap), AWS dan OBS sebagai sarana pemantauan dan pengendali diniOPT dan DPI.

g.      Meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait guna mengantisipasi kekeringan serta melakukan monitoring dan evaluasi secara rutin terhadap perkembangan luas serangan OPT dan DPI.

h.      Pemberdayaan petani pengamat/alumni SL-PHT dan alumni SLI untuk membantu petugas POPT-PHP dalam pengamatan dan pengendalian OPT.

i.        Melakukan gerakan pengendalian OPT bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI).

j.        Menyiapkan langkah-langkah antisipasi kekeringan dan banjir (terutama di daerah rawan dampak perubahan iklim) untuk meminimalkan dampak yang diakibatkannya.

 

 


 




57 Komentar :

Obat Meningitis Yang Aman
10 Juni 2014 - 14:26:32 WIB

Di tunggu postingan selanjutnya,karena di sini kami sangat tertarik dengan berita anda http://gg.gg/270zm
obat diabetes
10 Juni 2014 - 15:09:51 WIB

silahkan kunjungi juga http://tipsdiabetes.wordpress.com/
obat ejakulasi dini
11 Juni 2014 - 12:09:52 WIB

terima kasih
http://t.co/ciNjhXqrTL

Obat Rematik Yang Aman
11 Juni 2014 - 14:00:25 WIB

terimkasih infonya, sangat bagus sekali, mudah di mengerti dan tetap selalu menjadi web yang bagus .. sukses yaaa

obat fistula ani
12 Juni 2014 - 08:40:03 WIB

selamat pagi, selamat beraktifitas.
Obat Disfungsi Ereksi
12 Juni 2014 - 08:40:29 WIB

Infonya berharga sekali gan!

http://goo.gl/Gb3lVn | http://goo.gl/UvBV7H | http://goo.gl/X6t72O | http://goo.gl/JGNFGS |
http://goo.gl/ZlfGzH | http://goo.gl/ZlfGzH |

Terimakasih telah berbagi..!!!
obat gondok
12 Juni 2014 - 09:24:55 WIB

semangat dan terus belajar
http://goo.gl/7kBImu
Jual Obat Kuat
12 Juni 2014 - 10:33:33 WIB

Terimakasih bnyak atas informasi yang telah diberikan http://goo.gl/eIqtny
15 Gaya Bercinta Paling HOT 2014
12 Juni 2014 - 14:21:29 WIB

Terimakasih bnyak atas informasi yang telah diberikan http://goo.gl/KnCks4
Obat Kuat
13 Juni 2014 - 08:37:01 WIB

sue ora jamu mas http://goo.gl/fq4FRI
<< First | < Prev | 1 | 2 | 3 | ... | 6 | Next > | Last >>
Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)